Friday, November 18, 2016

Mencerdaskan Otak Dengan Binaural Beats mp3

 http://examinedexistence.com/wp-content/uploads/2016/05/brainwaves.jpg

Binaural beats adalah selisih antara frekuensi yang besar dan frekuensi yang kecil.
Sebagai contoh: Ditelinga kananmu mendengarkan suara 200Hz dan telinga sebelah kirimu mendengarkan suara 190Hz maka akan didapati 200-190=10Hz, jadi kamu mendengar 10Hz Binaural beats.
Otak dapat mengikuti/meniru gelombang yang kita dengarkan, sehingga otak kita secara otomatis akan terlatih.
Kamu juga harus tahu dulu macam2 gelombang otak dan masing2 fungsinya supaya dapat menentukan bagian apa yang akan dilatih...
Berikut ini macam2 gelombang otak dan fungsinya:


GAMMA wave ( 16 hz ~ 100 hz ) Adalah getaran pusat syaraf (otak) yang terjadi pada saat seseorang mengalami “ aktifitas mental yang sangat tinggi”, misalnya sedang berada di arena pertandingan, perebutan kejuaraan, tampil dimuka umum, sangat panik, ketakutan, “nerveus”, kondisi ini dalam kesadaran penuh.
BETA wave ( diatas 12 hz atau dari 12 hz s/d 19 hz ) Adalah getaran pusat syaraf (otak) yang terjadi pada saat seseorang mengalami “ aktifitas mental yang sadar penuh dan normal “ aktif, konsentrasi penuh dan dapat dibagi pula menjadi 3 kelompok, yaitu highbeta ( 19 Hz + ) yang overlap/ transisi dengan getaran gamma , lalu getaran beta ( 15 hz ~ 18 hz ), juga overlap/transisi dengan getarangamma, selanjutnya lowbeta (12 hz ~ 15 hz).
ALPHA wave ( 8 hz ~ 12 hz ) Adalah gelombang pusat syaraf (otak) yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami “releksasi” atau mulai istirahat dengan tanda2 mata mulai menutup atau mulai mengantuk, atau suatu fase dari keadaan sadar menjadi tak sadar (atau bawah sadar), namun tetap sadar (walaupun kelopak mata tertutup), disinilah saat2 penting dimana seorang ahli hipnotis, mulai melakukan aktifitas hipnotisnya untuk memberikan sugesti kepada pasiennya sesuai perintah yang direncanakan kepada yang dihipnotis (objek) Pada tahap permulaan MEDITASI ( meditasi ringan ) juga akan memasuki fase gelombang alpha.
THETA wave ( 4 hz ~ 8 hz ) Adalah getaran pusat syaraf (otak) yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami “ keadaan tidak sadar atau tidur ringan ” atau sangat mengantuk , tanda2nya napas mulai melambat, dalam dan panjang, dibandingkan biasanya. Jika dalam keadaan sadar (tidak tidur), kondisi ini masuk kefase atau dibawah pengaruh “trance”, kesurupan ,hipnosis, MEDITASI DALAM, atau sedang menjalani ritual2 agama, atau mengalirnya tenaga psikologi (Prana/Yoga, Reiki, Chi, Chi Kung). Dalam kondisi yang sadar (tidak tidur dan tidak dibawah pengaruh hipnotis, kesurupan atau epilepsi), seorang anak yang normal ( < 12 th) masih dapat memiliki getaran frekwensi theta, akan hilang sedikit demi sedikit setelah menjelang dewasa (kecuali pada saat menjelang tidur)
DELTA wave ( 0.5 hz ~ 4 hz ) Adalah getaran pusat syaraf (otak) yang memiliki amplitudo yang besar dan frekwensi yang rendah, biasanya < 3 hz, yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami “ keadaan tidur sangat lelap” atau anak dibawah usia 13 th ketika dalam keadaan sadar penuh. Dalam keadaan normal, seorang dewasa yang sedang tidur pada malam hari (lihat grafik dibawah), pada stage 3 dan 4 , NREM bukan pada stage 1 dan 2.

Kalau sudah tau masing2 peranannya mari kita latih gelombang tersebut dengan
Download mp3 nya Disini, disana akan ada pilihan Gamma, Beta, Alpha, Theta dan Delta, pilih sesuai kebutuhan.

Agar efeknya bisa optimal, mendengarkannya harus pakai earphone atau headset dan jauhkan beban pikiranmu dan rileks konsentrasi penuh pada binaural beats.
Sumber: Dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment