Saturday, July 22, 2017

Cara Edit Handling GTA SA Android untuk Menambah Kecepatan Kendaraan


Punya mod mobil super car tapi top speed ga sesuai? itulah hal yang dulu saya alami ketika mencoba memodif game GTA San Andreas Android. Sudah pasang mod dff buggati veyron, namun kecepatan masih standar game. Sehingga, terbesit di benak saya untuk mengutak - atik handling ternyata tidak berpengaruh sama sekali, tidak seperti gta sa pc yang dengan mudahnya ber-handling ria. Lalu aku coba - coba memasang mod handling dari gta inside tapi tetep gak ngaruh sama sekali dengan kecepatan. Ada apa gerangan? Googling kesana - kesini gak ada blog Indonesia yang membahas cara menambah kecepatan GTA SA Android.

Akhirnya saya cari solusi di gtaforum, ternyata penyebab utamanya adalah file handling yang berada pada di dalam apk. Jika file ini telah ada di dalam apk alias sistem aplikasi gta sa android, maka tidak ada harapan untuk melakukan modfikasi. Cara satu - satunya adalah men-decompile file apk mengedit file handling.cfg dan meng-compile-nya kembali. Saya coba cari software untuk membongkar apk ternyata aplikasinya banyak dan ribet. Hingga suatu hari saya menemukan cara mengedit apk hanya bermodalkan winrar yang biasa digunakan untuk membuka file rar, zip dan file kompresan lainnya. Setelah itu saya bereksperimen dan berhasil menemukan cara paling mudah mengedit handling gta sa.

Udah gak sabar gimana caranya?

Berikut ini akan saya bagikan trik untuk mengedit handling, step by step with screenshot. Simak baik - baik ya! 

NB: Yang cuma modal HP bisa langsung loncat ke Bagian II


Bagian I: Mengekstrak dan Menghapus file handling.cfg dari apk

 


1. Jika perangkat androidmu sudah terinstal GTA SA. Extrak jadi apk menggunakan aplikasi Apk Extractor. Cari di App store atau download disini.


2. Sambungkan hp androidmu ke pc/laptop. Copy file apk gta sa yang telah kamu extrak ke penyimpanan komputer.



3. Buka Winrar di pc. Kalau belum punya download disini. Klik File > Open Archive. Setelah itu pilih opsi All files, buka apk gta sa yang tadi kamu copy.



4. Jika berhasil akan tampil isi dari apk-nya. Buka folder \assets\data\... Disitu, terlihat penampakan file handling.cfg dan beberapa file lain serta folder script.



5. Klik pada file handling.cfg lalu extrak ke penyimpanan komputermu. Caranya klik dan tarik ke folder destinasimu atau dengan shortcut ctrl+c dan ctrl+v.



6. Terakhir, Klik pada file handling.cfg lalu tekan delete di keyboard atau pencet ikon tong sampah di winrar atau klik kanan > delete files, lalu klik yes.



7. Misi 1 selesai, tutup winrar. Sekarang apk gta sa tersebut siap menerima modifan handling.cfg. 




Bagian II: Menginstal dan memodif handling.cfg

Bagi yang ga punya pc gausah berkecil hati. Silahkan langsung saja download apk yang sudah dihapus handlingnya disini dan juga handling.cfg disini.

 



1. Copy file apk yang tadi kamu modif atau yang kamu download ke hp android. Setelah itu instal di hpmu untuk memperbaharui aplikasi yang lama.



2. Setelah selesai tinggal kamu copy file handling.cfg dari komputer mu atau yang kamu download ke hp androidmu di folder ...\Android\data\com.rockstargames.gtasa\files\data\.

3. Selesai deh sekarang tinggal kamu otak-atik handlingnya.

Bagi yang udah paham modif handling.cfg silahkan bereksperimen sendiri. Bagi yang belum, silahkan simak tips dibawah ini untuk mengedit kecepatan kendaraan:




Silahkan buka handling.cfg menggunakan text editor.

Dari gambar diatas saya ambil contoh handling mobil LANSTAL dan daerah yang saya tandai merah adalah daerah angka - angka yang mempengaruhi kecepatan.


Angka 2.5 adalah bagian Drag Multiplier adalah tingkat tahanan pada gerakan maju dan mundur. Nilai angka antara 0.0 sampai dengan 20.0 semakin kecil angkanya semakin cepat kendaraan bergerak dan sebaliknya.


Deret angka pada tanda merah terakhir adalah bagian transmisi mesin.
Berikut pemaparannya:
5 = Number Of Gears atau jumlah gigi mesin.
160.0 = Max Velocity, batas kecepatan maksimal kendaraan, semakin tinggi nilainya otomatis top speed makin tinggi.
25.0 = Engine Acceleration, akselerasi mesin, semakin besar akselerasi semakin cepat.
20.0 = Engine Inertia, Waktu yang diperlukan untuk mencapai top speed. Semakin kecil nilainya semakin cepat akselerasinya dan semakin cepat mencapai top speed begitu pula sebaliknya.
4 = Drive Type, Tipe kendaraan. Ada 3 opsi F/R/4. F tipe pengerak roda depan, R tipe penggerak roda belakang dan 4 berarti 4WD atau tipe penggerak 4 roda, biasanya untuk mobil suv atau offroad.
D = Engine Type , Tipe mesin. Ada 3 pilihan P/D/E. P untuk kendaraan Petrol atau bensin. D untuk mesin diesel dan E untuk tipe elektrik.

Teknik diatas dapat bekerja pada semua kendaraan seperti mobil, motor, pesawat dan kapal.

Demikian cara paling simple untuk mengedit handling GTA San Andreas Android, Happy Modding!.

Baca Juga Cara Membuat Script Cleo GTA SA Android
ADVERTISEMENT

20 comments:

  1. Pakai apk editor for android juga bisa gan, jika ga mau ribet pake pc

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai apk buat bongkar rar/zip lalu hapus handingnya

      Delete
  2. Lalu point yg ini "Nilai angka antara 0.0 sampai dengan 20.0 semakin kecil angkanya semakin cepat kendaraan bergerak dan sebaliknya" itu baris angka yg bagian mana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan satu lagi gan, bagian handling untuk camber mobil alias ban miring di posisi mana kah ?

      Delete
    2. itu buat Drag Multiplier gan yang 2.5, kalo buat nyamberin kayaknya dari biasnya gan, lihat angka 0.5 setelah angka -0.14, sebenernya bias itu buat ngimbangin keseimbangan suspensi depan dan belakang antara 0.0 - 1.0, tp bs juga membuat ban camber, misalnya 0.3 maka ban bagian depan akan camber

      Delete
  3. Klo yg buat ngilangin hidraulik/ndut ndutan yg mna gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masalah handling flagnya, download handling editor v2 https://www.gta-modding.com/area/index.php?act=view&id=111 tekan tombol flag, lalu hilangkan centang pada hydraulic geometery dan atau centang Hydraulic none.

      Delete
    2. Gan, apknya rusak kagak bisa diinstal setelah gua halus handling nya, install apk dari agan jugak sama. File rusak, mohon pencerahannya

      Delete
    3. apakah udah dicoba, extrak aplikasi orinya pakai app extraktor dan di delete pakai winrar? Seharusnya sih bisa work. yang penting jangan utak atik atau mengkompres ulang apknya. kalau gagal instal, coba uninstal aplikasi yang lama (tp jangan lupa rename folder com.rockstargames.gtasa supaya ga ikut ke hapus) lalu instal dengan yang udah dimodif.

      Delete
  4. gan itu bisa dipake buat cleo mod gak?

    ReplyDelete
  5. Gan bagian nya traction loss dimana ya?? Kalo tau di garis merah.

    ReplyDelete
  6. mantab mantab ..oba nihkeren makasih gan infonya...bisa dicoba nih

    ReplyDelete
  7. Gk bisa d instal apk nya gan stelah saya hapus handling.cfg nya.
    Sdah sya coba brkali kali..

    ReplyDelete
  8. Gan kalo untuk drift ganti yang mana gan kali tau

    ReplyDelete
  9. Gan kalau ninggiin suspensi mobilbiar gk ceper itu yg mana yang dirubah?

    ReplyDelete
  10. Kalo ubah posisi asap knalpot gmn soalny saya mod mobil knalpotnya di kiri doang tapi di handling nya ad 2 kmalpot tolong kasi tw line nya

    ReplyDelete

ADVERTISEMENT

Request Mod

Name

Email *

Message *