Friday, December 30, 2016

Cara Membuat Script Cleo GTA SA Android


Membuat cleo script untuk gta san andreas versi android memang gampang-gampang susah karena baru sedikit dokumentasi dan tutorial yang ada di internet. Selain itu membuat mod cleo script versi android sangat berbeda dengan versi pc, dimana file yang digunakan berekstensi csa dan csi. File CSA merupakan script yang langsung berjalan ketika masuk ke permainan sedangkan file CSI merupakan script yang berjalan setelah dipilih di dalam Cleo Menu. Cleo Menu dapat dimunculkan dengan cara swap dari atas kebawah di bagian tengah layar.

Selanjutnya, bila kita ingin membuat cleo script kita butuh software Sanny Builder yang berfungsi untuk compile dan decompile file cleo script. Software ini tidak hanya digunakan untuk
GTA SA versi pc tapi juga bisa digunakan untuk script GTA III, GTA VC, GTA LCS, GTA VCS, SA Mobile dan GTA SA SCR . Nah, untuk karena sanny builder bisa digunakan untuk SA Mobile jadi kita bisa menggunakannya untuk membuat script GTA SA Android.  Jika kamu sudah instal softwarenya mari kita coba buat mod sederhana sebagai permulaan.

Bagian pertama kita setting dulu softwarenya supaya bekerja pada GTA Android:
  1. Buka Sanny Builder Setelah itu lihat di pojok kanan bawah, bila masih bertuliskan GTA SA silahkan ganti dulu ke SA Mobile. Lihat gambar dibawah ini:
  2. Sekarang Sanny Builder sudah siap digunakan untuk membuat script GTA Android. 
  3. Pertama-tama ketikkan "{$cleo .csa}" (tanpa tanda kutip) untuk membuat script berekstensi CSA. Atau "{$cleo .csi}" untuk membuat script berekstensi CSI.
  4. Lalu ketikkan dibawahnya, "thread 'test'" untuk menamai script dalam sistem. Kata bertanda merah bisa kamu rubah semaumu.
  5. Setelah itu, kita tambahkan dibawahnya ":label" ini sebagai anchor atau tanda lompatan dalam alur eksekusi perintah dalam script, biasanya ini berhubungan dengan perintah jf, jump, atau gosub. Text berwarna biru bisa kamu ganti kata sesukamu tapi tanpa spasi.
  6. Jika label pertama sudah siap dibawah label kita beri delay 0s, dengan menambahkan "wait 0" supaya tidak crash saat alur loop terutama saat condition check.  
  7. Sisipkan perintah condition check, yaitu perintah akan dieksekusi bila memenuhi syarat tertentu. Tambahkan kata "if and", yang berarti (dan jika) ini digunakan bila condition check atau syaratnya lebih dari satu. Jika hanya satu syarat cukup menggunakan "if".
  8. Tentukan syarat-syaratnya dalam condition check. Dalam hal ini saya akan menambahkan kondisi berikut sebelum perintah dieksekusi, yaitu ketika pemain didefinisikan dan pemain sedang mengemudi. dengan opcode:
    • 0256:   player $PLAYER_CHAR defined //pemain didefinisikan
    • 00DF:   actor $PLAYER_ACTOR driving //pemain sedang mengemudi
    Cara mencari opcode diatas sangatlah mudah kamu tinggal ketik saja kata kuncinya di menu Tools > IDE Tools > Opcode Search atau tekan short cut CTRL + ALT + 2. Jika sudah ketemu silahkan di copy. Biasanya opcode condition check memiliki spasi agak lebar setelah nomor opcode.
  9.  
  10. Selanjutnya kita tambahkan "jf @label" yang berarti jika 2 konsisi tadi belum terpenuhi maka alurnya eksekusinya akan kembali ke label pertama tadi yaitu ":label" begitu seterusnya, jika 2 kondisi tadi terpenuhi maka alur akan berlanjut ke bawah.
  11. Sekarang kita tambahkan suatu perintah jika kondisi-kondisi tadi terpenuhi. Dalam hal ini saya memberikan perintah mobil meledak dengan opcode "020B: explode_car 0@" tapi sebelumnya saya tentukan dulu variable 0@ dengan opcode "03C0: 0@ = actor $PLAYER_ACTOR car" dengan ini variable 0@ akan mewakili mobil pemain. Jadi mobil pemain akan meledak.
  12. Terakhir tambahkan "jump @label" untuk mengembalikan lagi alur pembacaan perintah ke label ":label". Dengan ini script akan diulang terus ketika dalam permainan.
  13. Setelah itu tinggal kita compile menjadi file berekstensi csa. Klik icon compile (gambar kertas) atau tekan F6. Jika berhasil akan muncul jendela Report.
Jadi kesimpulannya, script ini akan membuat mobil atau motor yang kamu kendarai meledak seketika. Silahkan coba jika berhasil akan terjadi seperti ini:


Demikian tutorial singkat membuat cleo android sederhana dari saya bila kamu ingin tutorial lebih expert silahkan ke GTA Forum, atau kesini untuk android. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT

20 comments:

  1. Replies
    1. ini mod paling basic gan, selanjutnya bisa di utak atik sendiri hehe

      Delete
    2. gαn, gmn cαrα mєmвuαt αpk clєσ nчα
      mαkαѕíh

      Delete
  2. Bang...
    Request Tutorial cara convert Cleo Pc ke Android bang....please

    ReplyDelete
  3. 0A93: end_custom_thread
    0A8C: write_memory 0@ size 4 value 2@ virtual_protect 0
    0AA1: return_if_false

    opcodes android nya apa ya? ane konvert ke ini

    004E: end_thread
    0DD9: write_mem_addr 0@ value 2@ size 4 add_ib 0 protect 0
    004D: jump_if_false @LNGTRNS_372

    malah crash

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo convert ke android g bs asal2an bro. harus tau memory addresnya android.

      Delete
  4. gan itu filenya kalo udh di save filenya bernama fxt ya gan tolong dijawab

    ReplyDelete
  5. gan itu filenya kalo udh di save filenya bernama fxt ya gan tolong dijawab

    ReplyDelete
  6. Gan saya coba convert cleo dari gta sa pc
    yang CS trus saya ubah jadi CSA kenapa ga bisa

    ReplyDelete
  7. kalo buat cleo anim ifp gimana yak untuk android

    ReplyDelete
  8. kalo caranya nambahin tombol reset untuk on/off gimana ya?

    ReplyDelete
  9. Gan ane Mau Tambah Tombol Biar Bisa Di Aktivekan Gimana TuhGan?

    ReplyDelete
  10. Bang bisa request mod holster gta sa pc ke andro bisa gak gua butuhbmod itu ..please bang

    ReplyDelete
  11. bikinin cara buat DYOM sendiri di gta android dong masalah ini belum terpecahkan sampai sekarang

    ReplyDelete
  12. Cara buat script csa mobil parkir di suatu tempat gimana ya gan?

    ReplyDelete
  13. Bg kasih tutor cara cvt cleo with sound ke android 🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete

ADVERTISEMENT

Request Mod

Name

Email *

Message *