Saturday, June 24, 2017

Cara Mudah Memasang Mod Mobil / Motor GTA SA Android

Bagi yang lagi pertama kali mencoba memodif GTA SA Android pasti merasa kesulitan memasukkan atau menginstal mod yang baru saja di download terutama mod yang berisikan mobil atau motor atau model lainnya misalnya skin, pesawat, kapal dll. Padahal caranya sangat mudah dan hampir sama dengan memodif GTA SA versi PC cuma toolnya yang sedikit berbeda dan perlu dipelajari. File modelnya masih dff namun yang membedakan android adalah sistem TXDnya. Langsung saja saya share cara menambahkan mod beritkut ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Simak baik-baik ya!

Siapkan dulu Alat Tempurnya:

1. TXDFucker (DOWNLOAD)
2. Alci IMG Editor PC (DOWNLOAD)
3. IMG Tool Android (DOWNLOAD)

img tool android
Penampakan IMG Tool Android

Cara #1 hanya bermodalkan HP Android tanpa PC

Cara ini hanya dapat mengubah file model (DFF) saja karena masih belum ada developer yang membuat TXD editor untuk android. Cara ini hanya diperuntukkan untuk mod tanpa texture.
Langkahnya:

Menyiapkan file gta3.img

1. Buka aplikasi file explorer. Cari file patch.8.com.rockstargames.gtasa.obb di folder .../Android/obb/com.rockstargames.gtasa/
2. Ubah nama file tersebut tambahkan .zip di akhir nama sehingga menjadi menjadi patch.8.com.rockstargames.gtasa.obb.zip
3. Buka dengan Aplikasi untuk mengekstrak archive seperti WinZip, ZArchiver, atau Easy Unrar (cari di playstore).
4. Buka folder texdb cari file gta3.img lalu extrak file tersebut ke direktori .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/
5. Rename kembali file patch.8.com.rockstargames.gtasa.obb.zip di folder .../Android/obb/com.rockstargames.gtasa/ menjadi patch.8.com.rockstargames.gtasa.obb supaya sistem game GTA SA dapat membaca kembali.

Setelah file gta3.img bersemayam di folder texdb di .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/ sekarang kita siap untuk memodif file tersebut yang berisi data model-model dalam game.

Sekilas info: Mengapa kita harus memindahkan ke folder ini? ya karena folder ini (.../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/) merupakan folder yang pertama kali dibaca sistem game sebelum masuk ke file obb tadi. Jadi semua file dalam folder ini yang diletakkan sama seperti tata letak dalam file obb akan digunakan lebih dulu.

1. Download IMG Tool for Android di playstore atau langsung download alat tempur nomor 3 diatas.
2. Instal IMG Tool di ponsel kamu.
3. Buka Aplikasinya lalu klik tombol OPEN IMG.
4. Arahkan difolder dimana file gta3.img bersemayam (.../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/). lalu klik file gta3.img.
5. Pada kotak pencarian ketik nama model yang mau diganti alias direplace (misal bullet, infernus, pcj dll.)
6. Jika sudah ketemu sentuh dan tahan nama modelnya hingga muncul menu Replace.
7.
Tekan Replace dan cari file dff yang sudah di mod. setelah itu klik Select.
8. Setelah itu sentuh ikon titik-titik 3 pada pojok kanan atas layar lalu pilih Rebuild. Tunggu sampai proses Rebuild selesai.

Selesai deh! sekarang bisa kamu test dalam game. Mudah kan?


txdfucker
Penampakan TXD Fucker

Cara #2 Mengedit Texture dengan bantuan PC / Laptop

Jika kamu punya PC atau laptop, kamu bisa menggunakannya untuk memodif Texture. Karena texture sendiri penting untuk menambah kesan realistik pada mobil, misalnya kaca retak, atau goresan ketika mobil rusak atau untuk memasukkan paintjob atau untuk skin karakter.
Langkahnya:

Menyiapkan File Cache

1. Buka aplikasi file explorer. Cari file main.8.com.rockstargames.gtasa.obb di folder .../Android/obb/com.rockstargames.gtasa/
2. Ubah nama file tersebut tambahkan .zip di akhir nama sehingga menjadi menjadi main.8.com.rockstargames.gtasa.obb.zip
3. Buka dengan Aplikasi untuk mengekstrak archive seperti WinZip, ZArchiver, atau Easy Unrar (cari di playstore).
4. Buka folder texdb/gta3/ lalu extrak folder gta3 tersebut beserta isinya ke direktori .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/
5. Rename kembali file main.8.com.rockstargames.gtasa.obb.zip di folder .../Android/obb/com.rockstargames.gtasa/ menjadi main.8.com.rockstargames.gtasa.obb supaya sistem game GTA SA dapat membaca kembali.

Setelah folder gta3 di letakkan sedemikian rupa di folder .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/ kita siap memodifikasi texture dalam game GTA San Andreas. Perlu diketahui file-file dalam folder gta3 img saling berhubungan satu sama lain, maka kelengkapan file harus valid supaya dapat terbaca oleh software TXDFucker.

1. Hubungkan HP Androidmu ke PC
2. Copy folder gta3 di .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/ ke lokasi hardisk/local disk computermu (folder terserah).
3. Jalankan software TXDFucker yang telah di download. Jika tidak bisa silahkan nonaktifkan dulu semua software antivirus.
4. Klik ikon Open atau File>Open atau pencet CTRL + O pada keyboard.
5. Arahkan pada lokasi folder gta3 yang barusan kamu taruh di hardisk komputer. Buka foldernya lalu cari file gta3.txt klik open. Tunggu sampai loading selesai.
6. Setelah terbuka maka akan muncul list berisi file gambar texture.
7. Pada tahap ini kamu tinggal memasukkan texture dari mod yang kamu download. Biasanya file gambar berekstensi png, jpg, gif, tif, dan bmp.
8. Untuk memasukkannya tinggal klik import biasanya akan muncul pilihan  With Alpha... dan Without Alpha... (With Alpha... untuk texture yang transparan dan Without Alpha... sebaliknya) cari petunjuknya dalam dalam bingkisan mod yang kamu download.
9. Setelah menentukan pilihan With Alpha... atau Without Alpha silahkan klik salah satu pilihan tersebut lalu cari file gambar texture klik open.
10. Jika texture sudah ada maka akan muncul notifikasi untuk me-replace atau tidak. Silahkan klik yes jika kamu ingin mengganti gambar tersebut dengan yang baru.
11. Jika semua texture sudah dimasukkan. Tutup TXDFucker.
12. Copy kembali folder gta3 dari hardisk komputermu ke dalam Penyimpanan HP Android-mu tepatnya di .../Android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/
13. Selesai deh tinggal kamu test dalam game GTA SA Android-mu. Mudah kan?

Mungkin terbesit dibenak mu mengapa harus mengcopy folder gta3 ke komputer sebelum membukanya di TXDFucker? Hal ini untuk mengatasi atau mengantisipasi error "No caches to load, lol".

Lalu apa fungsi Alci IMG Editor yang tercantum pada Alat Tempur No.2 diatas? ya, funsinya sama seperti IMG Tool Android. Kamu bisa menggunakan software tersebut untuk langsung memodifikasi file img via PC.
Bagi kamu yang ingin memasang mod cleo android silahkan meluncur ke postingan ini Cara Mudah Memasukkan/Menambahkan Cleo Mod GTA SA Android

Demikian Tutorial super singkat ini. Semoga bermanfaat! :)

ADVERTISEMENT

7 comments:

ADVERTISEMENT

Request Mod

Name

Email *

Message *