Sunday, August 13, 2017

Tutorial Mudah Mod GTA SA dengan 3ds Max

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:
Pastikan sudah Kam's script sudah diinstal

Prosedur: 

1. Pertama2 Buat model yang sederhana dulu. Misalnya Sphere.
Pilih tab Create > Geometry > Sphere.
LIhat gambar dibawah:

2. Klik, tahan dan drag pada viewport sesuai keinginan hingga membentuk Bola.
seperti gambar dibawah:


3. Posisikan Bola di koordinat 0.
caraya:
Klik kanan pada icon Move Transform Type-in lalu ubah semua angka x y z pada Absolute:World menjadi 0.
Lihat gambar:

4. Setelah itu tinggal kita aplikasikan ke vehicle di GTA SA. Pada tap Utilities pilih MAXScript > Kam's GTA Scripts > klik DFF IO.
5. Akan muncul seperti gambar dibawah ini. Lalu Klik Import DFF


6. Lalu pilih Model Sparrow.dff > Open.


7. Lalu akan terjadi kegelapan remang2. Ini dikarenakan lampu omni yang menyala, oleh karena itu kita harus menghapus omninya.
Kita tidak butuh omni karena tidak akan menyala dalam game jika di export lewat 3dmax.
Untuk Menghapus omni klik icon Select by Name. Seleksi kedua omni ctrl+klik pada masing2 omni (omni1&omni2) lalu klik Select > Tekan tombol Delete pada keyboard.

Cek. Tekan icon . Lihat Omninya sudah lenyap dan viewport jadi terang.

8. Selanjutnya, bola tadi kita convert ke Editable Mesh. Caranya: pada viewport klik kanan pada object, > Convert to: > Editable Mesh.
Lalu aktifkan Polygon, dengan cara klik simbol kotak warna merah pada Selection rollout.

9. Seleksi semua Polygon (ctrl+a). Ubah idnya menjadi 1 caranya: Geser ke bawah, dan temukan Material group pada Set ID ubah angkanya menjadi 1 > Enter.Lihat gambar:
 Id ini di gunakan dalam texturing, sebagai identitas permukaan yang akan diberi GTA material.

10. Selanjutnya pencet tombol M pada keyboard dan akan muncul Material editor Window. Klik pada icon Get Material dan akan muncul Material / Map Browser Window, pada grup Browse From pilih Scene, dan akan terlihat GTA Material dari model Sparrow.
Ilustrasi:

Setelah itu, klik 2 kali pada Multimaterial chassis. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

Pilih slot kosong (berbentuk bola) yang ke dua dan klik 2 kali pada Multimaterial chassis_vlo.
Jadi slot pertama berisi Materialnya chassis dan slot kedua berisi Materialnya chassis_vlo.
hasilnya seperti ini:

11. Pilih material pada slot 1. Pastikan Model Sphere tadi masih terseleksi. Klik icon Assign Material to Selection , sehingga meterial chassis dari model Sparrow menempel pada Sphere.

12. Masih di Material slot 1, Klik Pada Set Number Ubah menjadi 1 > OK, sehingga Sub-Material berjumlah satu dengan ID:1.

13. Kamu bisa menyesuaikan ukuran Sphere dengan menggunakan Select and Uniform Scale sesuai keinginan kamu. Klik kanan lalu ubah Offset:Screen menjadi 40 atau sesuai keinginanmu. 
Dan hasilnya menjadi seperti ini:

14. Selanjutnya Kita buat chassis_vlo (dalam game, model ini muncul jika dilihat pada jarak jauh) dengan cara mengcopy Sphere01. Caranya Gunakan Move Transform Type-in , lalu tekan Shift pada keyboard sambil mengklik Sphere01 (jangan digeser).
Munculah Clone Options Windows > Klik OK
Lihat gambar:

15. Select Sphere01 Ganti Nama menjadi "chassis". Select Sphere02 Ganti Nama menjadi "chassis_vlo" di tab Modify.

16. Select chassis_vlo.

17. Tekan M pada keyboard Pilih material dari chassis_vlo (slot kedua).

Klik Set Number ubah menjadi 1.
 Lalu klik Assign Material to Selection

18. Cek Material/Map Browser pastikan hasilnya seperti ini.

19.  Seleksi chassis dan chassis_vlo yang ada dalam chassis_dummy subtree.
Langsung saja klik Delete pada keyboard.
Sehingga model yang lama hilang dan tinggal model modifan kita.
Seperti ini:
20. Karena kita tidak membutuhkan baling-baling belakang maka kita akan mendeletenya.
Seleksi bagian moving_rotor2 dan static_rotor2 klik Delete pada keyboard.
  
21. Seleksi bagian moving_rotor dan static_rotor.

22. Sesuaikan dengan keinginanmu moving_rotor dan static_rotor nya menggunakan move tool .
Atur ketinggiannya:

23. Selanjutnya kita akan memasukkan chassis dan chassis_vlo kedalam chassis_dummy.
  1. Select chassis dan chassis_vlo !
     
  2. Click icon Select and Link
  3. Click icon Select by Name
  4. Pilih chassis_dummy > klik Link.
  5. Sehingga hasilnya menjadi seperti ini:
24. Sampai disini kamu telah selesai membuat model Sparrow yang siap di export tapi texturenya acak-acakan. Untuk menyiasatinya kita warnai aja GTA materialnya.
  1. Tekan M pada keyboard pilih slot materialnya chassis > pilih Sub-Material GTA_Mtl.
  2. Klik pada kotak color !
  3. Pilih warna > OK. 
  4. Disebelah kanannya lagi ada tombol besar yang isinya nama gambar texture, klik Kanan pada tombol tersebut pilih none.
    Sehingga menjadi none (tanpa texture):
25. Selesai deh. tinggal kita export.
  1. Select semua bagian, biar mudah klik All > Select.
    Lihat gambar:
    all select
  2. Buka lagi DFF IO. Lalu klik Select COL3/COLL
  3. Pilih Sparrow.dff > Open. 
  4. Klik Export DFF !klik Save.

26. Tinggal klta masukin ke GTA SA. Hasilnya:
Tara... :)

walaupun kendaraannya aneh yang penting bisa masuk dalam game, hehe...

Kesimpulan: Kta hanya butuh mengganti bagian chassis n chassis_vlo untuk mengganti model body dengan model buatan kita.

Baca Juga Mod Gedung Pencakar Langit Tertinggi GTA San Andreas

      ADVERTISEMENT

      3 comments:

      ADVERTISEMENT

      Request Mod

      Name

      Email *

      Message *